Home Noticias Jokowi Usulkan Destry Damayanti Jadi Calon Tunggal Diputi Gubernur Senior BI

Jokowi Usulkan Destry Damayanti Jadi Calon Tunggal Diputi Gubernur Senior BI

41
0
Presiden Jokowi.


Senin, 27 de mayo de 2024 – 14:46 WIB

Jacarta – Presidente Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan kembali Destry Damayanti sebagai calon tunggal Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) período 2024-2029. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi XI, Dolfie Othniel Fredric Palit.

Baca Juga:

Jokowi Panggil Nadiem ke Istana Negara, Bahas UKT Mahal

Berdasarkan surat presidente R-17/Pres/05/2024, yang dikirim Dollfie kepada VIVA, Presidente Jokowi meminta persetujuan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar Destry Damayanti kembali menjabat sebagai vicegobernador senior BI.

“Kami mengusulkan kembali Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bl, untuk mendapat persetujuan DPR, sebelum ditetapkan pengangkatannya dengan Keputusan Presiden”, tulis surat concisamente dikutip Senin, 27 de mayo de 2024.

Baca Juga:

Perintah Jokowi ke Kementerian-Lembaga: ¡Setop Bikin Aplikasi Baru!

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti.

Adapun keputusan itu sesuai dengan ketentuan Pasal 41 ayat (1), ayat (3), ayat (5), dan ayat (9) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999, tentang Bank Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 4 de enero de 2023 en Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Baca Juga:

Sekjen RPD Cabut Gugatan Praperadilan di Pengadilan Negeri Yakarta Selatan Hari Ini

Destry sendiri saat ini masih menjabat sebagai vicegobernador senior BI, yang diangkat dengan Keputusan Presiden Nomor 74/P Tahun 2019 tanggal 29 de julio de 2019. Dan mengucapkan sumpah janji di hadapan Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 7 de agosto de 2019, dan akan berakhir tanggal 7 agosto 2024.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengaku, sudah menerima surat dari Presidente Joko Widodo (Jokowi) mengenai usulan nama calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI). Uji kelayakan dan kepatuhan atau prueba de idoneidad y juego de palabras kemungkinan akan dilakukan pada pekan depan.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad usai Rapat Paripurna penyampaian pemerintah terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN tahun anggaran 2025.

“Sudah (diterima), (surpres atau surat presiden) masih di Ketua (DPR RI), saya belum”, kata Dasco di Kompleks Parlemen RI, Senin, 20 de mayo de 2024

Dasco mengatakan, surpres conciso pero telah diterima dua pekan lalu. Namun, dia tidak memberikan secara rinci nama-nama calon DGS BI yang diusulkan oleh presiden.

“Belum tahu, saya belum buka suratnya”, ujarnya.

Dasco membeberkan, untuk test de idoneidad y idoneidad DGS BI kemungkinan akan dilaksanakan pada pekan depan oleh Komisi XI DPR RI. “Mungkin minggu depan kita sudah turunkan (surpres ke Komisi XI)”, jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad usai Rapat Paripurna penyampaian pemerintah terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM-PPKF) RAPBN tahun anggaran 2025.

Halaman Selanjutnya





Fuente