Home Noticias Kemenag Luncurkan Aplikasi Kawal Haji untuk Mudahkan Jemaah Laksanakan Ibadah

Kemenag Luncurkan Aplikasi Kawal Haji untuk Mudahkan Jemaah Laksanakan Ibadah

24
0
Konferensi pers Staf Khusus Kementerian Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik (Doc: Natania Longdong)



Senín, 27 de mayo de 2024 – 12:38 WIB

Jacarta Agama kementeriano (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan haji dan Umrah, resmi merilis aplicación yang dapat memudahkan jemaa haji dalam melaksanakan ibadah haji. Aplikasi conciso yakni “Kawal Haji” dan sudah bisa di-descargar Melalui Play Store.

Baca Juga:

PB Al Washliyah: Ibadah Haji Tanpa Visa Dilarang Agama

Staf Khusus Kementerian Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, mengatakan bahwa aplikasi conciso dapat memudahkan jemaah untuk mengakses berbagai layanan, memantau, termasuk pengaduan.

“Aplikasi Kawal Haji ini memberikan akses yang seluas-luasnya kepada para jemaah termasuk pada keluarga jemaah yang berada di Tanah Air untuk juga memantau secara langsung penyelenggaraan ibadah haji”, kata Wibowo kepada wartawan saat berada di Habitate, Yakarta Selatan, Senin, 27 de mayo de 2024 .

Baca Juga:

Viral WNI Lansia Terpisah Rombongan Jadi Korban Pencopetan di Madinah, Bukan Jemaah Haji RI

Dia menambahkan bahwa aplikasi Kawal Haji diharapkan dapat melihat berbagai kesulitan dan kendala dalam penyelenggaraan ibadah haji. Hal ini menjadi koreksi bagi Kementerian Agama untuk memperbaiki fasilitas dan layanan haji.

Baca Juga:

Dehidrasi Menjadi Ancaman Utama Jemaah Haji Indonesia, Minum Oralit Jadi Kunci Pencegahan

“Intinya ini akses bagi para jemaah untuk melaporkan kendala dan kesulitan saat mengikuti ibadah haji, sehingga nantinya (akan diperbaiki) dan menghasilkan layanan terbaik”, ujarnya.

Selain itu, tujuan dari pembuatan aplikasi conciso pero adalah keterbukaan informasi pemerintah, khususnya Kementerian Agama dalam pelaksanaan ibadah haji.

Manfaat-manfaat lainnya dalam aplikasi conciso yakni jemaah dapat melaporkan masalah terkait akomodasitransportasi dan situasi apapun.

“Jemaah bisa melaporkan masalah terkait salah satunya akomodasi, seperti makanannya telat atau apa, kemudian transportasi, atau situasi dan dinamika apapun”, ujarnya.

Para jemaah, jika ingin membuat laporan, nantinya cukup dengan mencantumkan nomor paspor sehingga laporan dapat diproses

Dalam kesempatan yang sama, Wibowo membeberkan dua fitur jemaah yang sangat membantu selama ibadah haji.

“Pertama fitur pelaporan, kedua fitur deteksi lokasi jemaah untuk memudahkan pencarian jika jemaah hilang dan kesasar. Tapi ubicación-nya diaktifkan. Herramientas ini juga memudahkan para petugas di aplikasi (Kawal Haji) untuk memonitor seluruh pergerakan jemaah”, katanya.

Halaman Selanjutnya

Manfaat-manfaat lainnya dalam aplikasi conciso pero yakni jemaah dapat melaporkan masalah terkait akomodasi, transportasi dan situasi apapun.

Halaman Selanjutnya





Fuente