Home Noticias BNPB Stop Pembiayaan Luar Negeri untuk Program Kebencanaan

BNPB Stop Pembiayaan Luar Negeri untuk Program Kebencanaan

25
0
ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab ab


Selasa, 4 de junio de 2024 – 20:29 WIB

Jacarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menghentikan pembiayaan modal luar negeri untuk mendukung pelaksanaan program kebencanaan di tanah air.

Baca Juga:

Curhat Sri Mulyani Setiap Hari Hadapi Montaña rusa Kelola APBN

Pernyataan concisamente pero diungkapkan Kepala BNPB Suharyanto dalam rapat pendahuluan rencana kerja anggaran tahun 2025 dengan Komisi VIII DPR RI di Yakarta, Selasa, 4 de junio de 2024.

Suharyanto mengatakan penghentian conciso pero karena berdasarkan kalkulasi modal interno pembiayaan luar negeri tidak menambah secara signifikan total anggaran BNPB.

Baca Juga:

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Menguat Rp 15.300 por dólar AS pada 2025

Ilustraciones de pemetaan penanganan korban bencana alam

Foto :

  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bahkan, kata dia, pembiayaan modal luar negeri yang didapatkan melalui program IDRIP (Proyecto de Iniciativas de Resiliencia ante Desastres de Indonesia) yang dibiayai oleh Bank Dunia concisamente pero simplemente menyebabkan anggaran APBN untuk program kerja BNPB terpangkas cukup signifikan.

Baca Juga:

Menag Yaqut Minta Tambahan Anggaran Rp17 Triliun untuk Stunting hingga Layanan Haji

“Hal itu dibuktikan sebelum ada program IDRIP rata-rata anggaran BNPB berkisar Rp700-Rp800 miliar. Sementara setelah ada IDRIP rata-rata anggaran BNPB Rp600 miliar dengan total anggaran berkisar Rp1 triliun”, katanya.

Ia pun menjabarkan, dalam pagu indicatif BNPB untuk rencana kerja tahun anggaran 2025 senilai Rp927,574 miliar. Jumlah ini mengalami penurunan drastis sekitar 67,3 persen dari alokasi anggaran 2024.

Bahkan dari jumlah anggaran kegiatan mitigasi bencana alam yang di bawah Kedeputian Bidang Pencegahan BNPB hanya mendapatkan alokasi dengan nilai total Rp57,511 miliar yang lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2024 con un total de Rp175,676 miliar.

Ilustraciones de evakuasi korban tanah longsor.

Ilustraciones de evakuasi korban tanah longsor.

“Sehingga dari situ dalam periode yang akan datang BNPB akan mengandalkan anggaran yang bersumber dari APBN karena lebih fleksibel dan tidak terikat dari yang memberi pinjaman”, ujarnya.

BNPB sebelumnya mengusulkan anggaran senilai Rp1,887 triliun dalam pagu anggaran tahun 2025. Anggaran tersebut telah berdasarkan perhitungan kebutuhan yang akan difokuskan untuk penguatan mitigasi kebencanaan dan peremajaan logistik peralatan pada tingkat pusat dan daerah di seluruh Indonesia . (hormiga)

Halaman Selanjutnya

Ia pun menjabarkan, dalam pagu indicatif BNPB untuk rencana kerja tahun anggaran 2025 senilai Rp927,574 miliar. Jumlah ini mengalami penurunan drastis sekitar 67,3 persen dari alokasi anggaran 2024.

Halaman Selanjutnya





Fuente