Home Noticias 7 Ide Menú Dieta Murah dan Bergizi, Cocok untuk Sarapan di Tanggal...

7 Ide Menú Dieta Murah dan Bergizi, Cocok untuk Sarapan di Tanggal Tua

12
0
Ilustrasi makanan sehat.


Kamis, 30 de mayo de 2024 – 12:06 WIB

JACARTA – Banyak cara efektif untuk mencapai tujuan diet kamu tanpa menguras isi dompet, terutama di ‘tanggal tua’ seperti ini. Bagaimana sih caranya? No, artikel ini membahas ide menu diet murah yang tidak hanya lezat tetapi juga bergizi.

Baca Juga:

Keajaiban Diet Telur Rebus untuk Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Bagi kamu yang sedang berhemat, menú ragam diet murah dan bergizi ini tentu bisa dijadikan inspirasi untuk sarapan. Menu-menu ini juga mengandung kaya nutrisi yang baik untuk tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

Lantas, apa saja sih menú dieta murah yang cocok untuk sarapan? ¡Yuk simak informasi selengkapnya!

Baca Juga:

Manfaat Brokoli untuk Diet, Mampu Bantu Turunkan Berat Badan dan Bikin Perut Langsing

Menú Ide Dieta Murah

Sayur bening bayam dan jagung dulce

Baca Juga:

Miris, Vídeo Seorang Petani Menangis Histeris Gegara Harga Jagung Anjlok Drastis

1. Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu menú dieta murah yang mudah dibuat, bergizi, dan tentunya dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Hal ini karena sayur bayam rendah kalori, kaya serat dan mengandung nutrisi penting. Mulai dari vitamina K, vitamina A, vitamina C, zat besi, folat, hingga antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Telur Rebus

Telur rebus adalah tambahan yang bagus untuk menú dieta murah. Telur merupakan sumber protein yang murah dan berkualitas tinggi. Selain itu, telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamina B12, vitamina D y selenio. Cara memasaknya pun mudah, kamu hanya perlu merebus telur selama 8-10 menit untuk telur rebus setengah matang, atau 12-14 menit untuk telur rebus matang. Telur rebus dapat disantap sebagai camilan sehat, dimasukkan ke ensalada, atau dimakan bersama dengan sayuran atau sumber karbohidrat seperti roti gandum.

3. Sayur Sawi

Hasil pertanian sayur sawi de Lembang, Bandung

Hasil pertanian sayur sawi de Lembang, Bandung

Sawi merupakan pilihan yang bagus untuk menú dieta murah karena harganya terjangkau dan kandungan nutrisinya yang kaya. Sayuran satu ini mengandung serat yang baik sehingga menjaga pencernaan tetap sehat dan mengontrol kadar gula darah. Kamu bisa memasak sayur sawi dengan menumisnya bersama tahu atau tempe yang direbus.

4. Tahu

Menú dieta murah dan sehat berikutnya ada tahu. Sama halnya seperti telur, tahu juga merupakan sumber protein yang baik. Tahu juga mengandung ragam nutrisi penting lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor hingga vitamina B kompleks. Selain itu, tahu juga bisa dibuat menjadi ragam menu yang lezat seperti Tumis Tahu dan Sayuran, Tahu Kukus dan Saus, Tahu Kukus Saus Tiram, Tahu Kuah Kuning.

5. Sup Ayam

Ilustraciones Sup Ayam

Ilustraciones Sup Ayam

Foto :

  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

Sup ayam menjadi menú dieta murah karena mudah dibuat, mengandung protein tinggi, dan rendah kalori bila dimasak dengan daging ayam tanpa kulit. Selain itu, beragam jenis sayuran dalam sayur sup seperti kubis, kentang, dan wortel juga sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya sehat, sup ayam juga lezat dan telah menjadi comida reconfortante banyak orang.

6. Sup Jagung

Sup jagung merupakan hidangan yang lezat dan bergizi. Jagung, sebagai bahan utama sup, kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, jagung juga mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap. Sup jagung juga mengandung proteínas, vitaminas y minerales penting seperti vitamina C, vitamina B6, folato, magnesio y potasio yang diperlukan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sup jagung mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata dan melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, menú diet murah satu ini juga rendah lemak jenuh dan kolesterol.

7. Ikan Tongkol

Seorang perempuan mengangkat ikan tongkol hasil tangkapan nelayan di pantai Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB

Seorang perempuan mengangkat ikan tongkol hasil tangkapan nelayan di pantai Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB

Foto :

  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Ikan tongkol dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau daripada ikan salmon, namun kandungan gizinya juga tidak kalah. Ikan tongkol kaya akan nutrisi penting seperti protein dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung berbagai vitamina y mineral seperti vitamina B12, selenio y fósforo. Kamu dapat mengolah ikan tongkol dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau digoreng tanpa tambahan lemak berlebih.

Itu dia deretan ide menu diet murah yang bisa dijadikan sebagai inspirasi sarapan di tanggal tua. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya

2. Telur Rebus

Halaman Selanjutnya





Fuente