Home Noticias 10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Ditetapkan Jadi Warisan Dunia UNESCO

10 Universitas Tertua di Dunia, Ada yang Ditetapkan Jadi Warisan Dunia UNESCO

7
0
Universitas Cambridge


VIVA – Universitas telah ada sejak awal peradaban, dan banyak di antaranya yang telah teruji oleh waktu. Dari Oxford di Inggris hingga Nalanda di India, terdapat beberapa universitas yang telah berdiri selama berabad-abad dan masih menghasilkan pendidikan berkualitas hingga saat ini.

Baca Juga:

Jokowi Senang Ada Sekolah Internasional di IKN, Pakai Kurikulum Cambridge

Dalam postingan artikel berikut ini, kami akan memberitahu Anda sederet universitas tertua di dunia, kisah luarbiasa mereka, dan bagaimana mereka mengikuti perkembangan zaman modern. Jadi selami dan lakukan perjalanan menelusuri ulasan berikut ini.

10. Universidad de Cambridge – 1209

Baca Juga:

Mulai Bangun Sekolah Al Azhar, Summarecon Harap Bos Baru OIKN Bisa Redam Kendala Investasi di IKN

Universitas Cambridge didirikan pada tahun 1209 dan merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Universitas ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, serta telah menghasilkan banyak ex alumnos terkenal, termasuk Isaac Newton, Charles Darwin y Stephen Hawking. Cambridge adalah pusat pembelajaran yang terkenal di dunia, dan reputasinya dibangun berdasarkan keunggulan pengajaran dan penelitiannya. Universitas ini memiliki 31 perguruan tinggi, dan lebih dari 18,000 mahasiswa dari seluruh dunia.

9. Universitas Bolonia – 1088

Baca Juga:

Pakar Intelijen: Pramuka Tidak Boleh ‘Dibubarkan’

Universitas Bolonia, didirikan pada tahun 1088, adalah universitas tertua di dunia yang terus beroperasi. Ini adalah tempat pendidikan tinggi pertama yang menggunakan istilah “universitas”. Universitas Bolonia menawarkan beragam program sarjana dan pascasarjana, dan telah menghasilkan banyak exalumni terkemuka, termasuk Paus Benediktus XVI, peraih Nobel Guglielmo Marconi, dan pendiri Uni Eropa Roberto Alagna.

8. Universidad de Oxford – 1096

Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia, dengan sejarah yang dimulai sejak tahun 1096. Universitas ini telah menjadi kekuatan utama dalam pengembangan pemikiran dan budaya Barat, dan telah melahirkan beberapa pemikir paling berpengaruh di dunia, termasuk ilmuwan, politisi, dan penulis.

Saat ini, Oxford adalah pusat pembelajaran terkenal di dunia, dengan reputasi global atas keunggulan dalam pengajaran dan penelitian. Universitas ini menampung lebih dari 24.000 mahasiswa dari lebih dari 140 negara, dan kampusnya merupakan pusat aktivitas yang ramai.

Oxford memiliki catatan akademis yang luar Biasa, dan lulusannya telah mencapai prestasi luar Biasa di semua bidang kehidupan. Universitas ini telah menghasilkan lebih dari 30 peraih Nobel, dan alumninya termasuk perdana menteri, presidente, dan pemimpin dunia lainnya.

Jika Anda mencari universitas yang dihormati secara internacional dengan sejarah panjang dan termasyhur, Oxford adalah pilihan yang tepat.

7. Universidad París – 1150

Universitas Paris, didirikan pada tahun 1150, merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah paling bergengsi dan selektif, dengan tingkat penerimaan kurang dari 10%. Terletak di jantung kota Paris, Universitas Paris terkenal dengan kampus dan fasilitasnya yang indah.

Universitas Paris memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Didirikan pada tahun 1150 oleh Raja Louis VII de Perancis dan Paus Eugene III. Sekolah ini awalnya memiliki tiga fakultas: teologi, hukum, dan kedokteran. Selama bertahun-tahun, ini telah berkembang hingga mencakup lebih banyak fakultas dan departamentos. Saat ini, ada lebih dari 100.000 mahasiswa yang terdaftar di Universitas Paris.

Universitas Paris sangat kompetitif. Untuk dapat diterima, siswa harus memiliki nilai dan nilai ujian yang sangat baik. Sekolah juga melihat kegiatan ekstrakurikuler dan esai masing-masing pelamar. Dengan proses penerimaan yang begitu selektif, tak heran jika Universitas Paris menduduki peringkat salah satu universitas terbaik di dunia.

6. Universidades Salamanca – 1134

Pada tahun 1134, Universitas Salamanca didirikan sebagai pusat pendidikan tinggi di kota Salamanca, Spanyol. Universitas ini terkenal sebagai salah satu universitas pertama di Eropa dan sejarah panjang pengajaran berbagai mata pelajaran. Universitas Salamanca telah menghasilkan banyak exalumni terkenal, termasuk pemenang Hadiah Nobel, ilmuwan, penulis, dan politisi.

5. Universitas Sisilia – 1130

Universidad de Sicilia adalah universitas riset yang berlokasi di Sisilia, Italia. Didirikan pada tahun 1130 dan merupakan salah satu universitas tertua di dunia. Universitas ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam penelitian dan pengajarannya. Universitas ini menawarkan beragam program gelar dan merupakan rumah bagi sejumlah sarjana terkenal dunia. Universidad de Sicilia adalah institusi pendidikan tinggi yang dihormati secara internacional dan merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa yang mencari pendidikan berkualitas tinggi.

4. Universidad Al-Azhar – 970

Didirikan pada tahun 970 oleh Khalifah Fatimiyah Al-Mu’izz, Universitas Al-Azhar adalah salah satu institusi pendidikan tinggi tertua dan paling bergengsi di dunia. Universitas ini telah menghasilkan beberapa cendekiawan paling terkenal dalam sejarah Islam, dan lulusannya termasuk peraih Nobel dan kepala negara.

Universitas Al-Azhar terletak di Kairo, Mesir, dan terdiri dari kompleks sekolah, institut, dan organisasi afiliasi. Universitas menawarkan program dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk studi Islam, bahasa dan sastra Arab, sejarah dan budaya Mesir, perbandingan agama, dan filsafat.

Universitas Al-Azhar sangat dihormati atas komitmennya terhadap keunggulan dalam pengajaran dan penelitian. Selain program akademiknya, universitas juga mengoperasikan rumah sakit, perpustakaan, penerbit, dan stasiun radio.

3. Universitas al-Qarawiyyin – 859

Didirikan pada tahun 859 M, Universitas al-Qarawiyyin di Fez, Maroko adalah universitas tertua yang masih beroperasi di dunia. Universitas ini didirikan oleh seorang wanita bernama Fatima al-Fihri, yang berasal dari keluarga saudagar kaya raya dari kota Kairouan, Túnez. Dia menggunakan warisannya untuk membangun masjid dan sekolah untuk studi Islam. Sekolah conciso pero akhirnya berkembang menjadi universitas, yang telah menghasilkan beberapa ex alumnos terkemuka selama bertahun-tahun, termasuk Ibnu Khaldun, salah satu pemikir Muslim paling berpengaruh sepanjang masa.

Saat ini, Universitas al-Qarawiyyin terbuka untuk musulmanes y no musulmanes, dan programa menawarkan dalam berbagai disiplin ilmu seperti sains, kedokteran, sastra, dan bisnis.

2. Akademi Platonis Atenea – 387 SM

Akademi Platonis Athena diaggap oleh banyak orang sebagai universitas tertua di dunia. Akademi ini didirikan oleh Plato pada tahun 387 SM dan berfungsi sebagai sekolah filsafat dan penelitian selama bertahun-tahun. Keponakan Platón, Speusippus, menggantikannya sebagai kepala akademi, diikuti oleh Xenocrates dan kemudian Aristóteles.

Akademi ini terus ada hingga ditutup oleh Justiniano I pada tahun 529 M. Namun dibuka kembali pada awal abad ke-6 M dan terus beroperasi hingga akhirnya dihancurkan oleh bangsa árabe pada tahun 827 M.

1. Liceo Aristóteles de Atenas – 335 SM

Lyceum Aristoteles di Athena adalah salah satu universitas tertua di dunia, dengan sejarah sejak 335 SM. Universitas ini didirikan oleh Aristóteles, yang merupakan seorang guru di sekolah concisamente. Lyceum Aristoteles adalah salah satu sekolah terbesar dan terpenting di Athena pada masanya. Ia memiliki perpustakaan besar dan banyak exalumni terkenal, termasuk Plato dan Alexander Agung.

¿Apa universitas tertua yang masih beroperasi?

Universitas Bolonia, didirikan pada tahun 1088, adalah universitas tertua di dunia. Terletak di kota Bolonia, Italia dan telah ada selama lebih dari sembilan abad. Mencakup sejarah yang kaya dengan tokoh-tokoh terkenal seperti Dante y Petrarca yang melewati pintunya, Universitas Bolonia adalah salah satu universitas paling bersejarah yang masih ada hingga saat ini.

¿Apa universitas pertama yang dibuat?

Universitas pertama yang pernah dibuat adalah Universitas al-Qarawiyyin yang didirikan pada tahun 859 M di Fez, Marruecos. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas tertua yang beroperasi di dunia dan juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Universitas al-Qarawiyyin memiliki sejarah yang kaya sejak lebih dari seribu tahun dan terus memberikan kesempatan pendidikan kepada mahasiswanya bahkan hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya

Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia, dengan sejarah yang dimulai sejak tahun 1096. Universitas ini telah menjadi kekuatan utama dalam pengembangan pemikiran dan budaya Barat, dan telah melahirkan beberapa pemikir paling berpengaruh di dunia, termasuk ilmuwan, politisi, dan penulis.





Fuente