Home Noticias 2 Kapal Kontainer suizo y liberiano Kena Serangan Rudal Houthi

2 Kapal Kontainer suizo y liberiano Kena Serangan Rudal Houthi

10
0
VIVA Militer: Serangan rudal balistik milisi Houthi Yaman


Senin, 10 de junio de 2024 – 14:49 WIB

Teluk Adén – Dua kapal komersial milik Liberia dan Swiss, di Teluk Aden terkena serangan rudal dari kelompok Houthi dalam 24 jam terakhir. Serangan ini sebagai bagian dari kampanye kelompok conciso pero melawan pelayaran laut internacional, kata Komando Pusat AS (CENTCOM), pada hari Minggu, 9 de junio de 2024.

Baca Juga:

Rudal yang Dijatuhkan di Pengungsian Gaza Mengungkap Keterlibatan India en Perang Genosida

Los hutíes yang didukung Irán menyerang Tavvishi, sebuah kapal kontainer berbendera Liberia y milik suizo dengan rudal balistik anti-kapal, kata CENTCOM.

“Kapal tersebut rusak, namun tidak ada awak yang terluka”, menurut CENTCOM, dikutip dari Alarabiya, Senin, 10 de junio de 2024.

Baca Juga:

Kisah KM Umsini Terbakar, 1.667 Penumpang Panik Ada yang Loncat dari Kapal

VIVA Militer: Kapal kargo MV True Confidence terbakar dihantam rudal Houthi

2 rudal yang ditembakkan oleh Houthi menghantam Norderney, sebuah kapal kargo milik Jerman yang beroperasi di bawah bendera Antigua dan Barbados, menurut CENTCOM.

Baca Juga:

KM Umsini Kebakaran di Pelabuhan Makassar, PELNI Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Kapal concisamente pero mengalami kerusakan, namun tidak ada awak yang terluka dan kapal melanjutkan perjalanannya.

Kelompok Houthi sebelumnya mengatakan bahwa mereka telah menyerang Tavvishi dan Norderney, dan mengklaim telah membakar kapal concisamente.

Sebagai informasi, kelompok Houthi menguasai wilayah terpadat di Yaman dan telah menyerang kapal dagang sejak November lalu sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Para militan telah menenggelamkan satu kapal, menyita kapal lain dan membunuh tiga awak kapal dalam serangan lainnya.

Kampanye kelompok itu telah mengganggu pelayaran global dengan memaksa kapal-kapal menghindari Terusan Suez dan mengubah rute perdagangan di sekitar Afrika. Tindakan tarsebut juga memicu kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat meluas dan mengganggu stabilitas Timur Tengah.

Kelompok milisi hutíes de Yaman

Kelompok milisi hutíes de Yaman

Foto :

  • www.middleeastmonitor.com

Sementara itu, Amerika Serikat dan Inggris telah melakukan serangan terhadap sasaran Houthi sebagai tanggapan atas serangan conciso.

CENTCOM mengatakan pasukannya juga menghancurkan sistem udara tanpa awak Houthi di Teluk Aden serta dua rudal jelajah serangan darat dan satu peluncur rudal di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Halaman Selanjutnya

Sebagai informasi, kelompok Houthi menguasai wilayah terpadat di Yaman dan telah menyerang kapal dagang sejak November lalu sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Halaman Selanjutnya





Fuente