Home Noticias Layanan Satu Pintu Taspen Tangani 91,77 % Pengajuan Peserta pada 2023

Layanan Satu Pintu Taspen Tangani 91,77 % Pengajuan Peserta pada 2023

12
0
Layanan Toos Taspen.


Jumat, 7 de junio de 2024 – 08:09 WIB

Jacarta – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen mencatat bahwa layanan satu pintu, yakni Servicios en línea de una hora (TOOS) menjadi primadona bagi peserta saat ini. Pada laman conciso, peserta dapat melakukan pengajuan klaim maupun non klaim dari mana saja dengan waktu maksimal satu jam.

Baca Juga:

Ini Tips dan Trik dari Ahli untuk Konten Kreator Muda

Keberhasilan implementasi TOOS tercermin dari jumlah layanan kepengurusan klaim dan non-klaim melalui aplikasi TOOS pada tahun 2023 yang mencapai 91,77 persen dari total pengajuan klaim dan non-klaim yang dilakukan peserta Taspen di seluruh Indonesia.

Secretario corporativo Taspen Yoka Krisma Wijaya mengatakan, pada periode Januari hingga Mei 2024, Taspen telah memberikan kemudahan pembayaran Pensiun Pertama dan Tabungan Hari Tua kepada 70.530 peserta dengan total nilai manfaat sebesar Rp 5,71 triliun.

Baca Juga:

Pentingnya Edukasi dan Sosialisasi bagi Konsumen dalam Ekosistem E-Commerce

“Taspen terbukti berhasil memberikan pelayanan Program Asuransi Sosial yang óptimo sebagai hasil dari upaya terus-menerus untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan yang terbaik. TOOS menjadi solusi bagi peserta untuk mengajukan klaim maupun non klaim dengan cepat dari mana saja”, ujar Yoka dikutip dari keterangannya, Jumat, 7 de junio de 2024.

Baca Juga:

Pentingnya Pemberdayaan Konsumen dalam Transformasi Ekonomi Digital di Indonesia

Dia menegaskan, upaya ini diteguhkan melalui komitmen Layanan 5T Taspen yang terdiri dari tepat administrasi yaitu, proses pembayaran manfaat sesuai dengan prinsip-prinsip kearsipan dan dokumentasi. Kemudian, tepat orang, yaitu pembayaran manfaat kepada peserta yang berhak atau ahli waris yang sah.

Lalu, tepat waktu, yaitu manfaat dibayarkan kepada peserta tepat waktu. Kemudian tepat jumlah, yaitu manfaat dibayarkan kepada yang berhak sesuai dengan jumlah tanpa potongan dalam bentuk apa pun, dan tepat tempat, yaitu manfaat dibayarkan sesuai dengan tempat yang diinginkan oleh peserta Taspen.

TOOS merupakan layanan satu pintu Taspen yang dapat diakses melalui beragam perangkat dan dilakukan tanpa tatap muka. Selain mengajukan klaim, melalui TOOS peserta dapat melakukan pengurusan kartu digital kepesertaan, melacak pengajuan online, memantau status otentikasi, mengambil antrean online Mal Pelayanan Publik, melakukan penghitungan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun.

“Menyampaikan keluhan atau pertanyaan, dan mendapat informasi dana pensiun bulanan untuk pensiunan. Selain itu, peserta dapat mendapatkan informasi pensiun pokok, mendapat informasi mengenai E-SPT Pajak untuk pensiunan dan melakukan Survey kebutuhan peserta untuk peningkatan layanan Taspen Group.

Seluruh data peserta dalam TOOS sudah terintegrasi dengan data Pemerintah Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Kepegawaian Negara, Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kementerian Keuangan, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Agama dan seluruh mitra bayar Taspen Hal ini membuat pelayanan menjadi lebih cepat dan tepat.

Di saat yang sama, Taspen menjamin keamanan data dan menjamin kerahasiaan data peserta. Akses data peserta secara lengkap hanya dimiliki oleh Taspen dan seluruh prosedur akses data harus melalui persetujuan serta verifikasi dari peserta yang bersangkutan. Pada periode Januari sampai Mei 2024, TOOS sudah diakses oleh 78,56 juta orang dari seluruh Indonesia untuk melakukan proses layanan klaim dan nonklaim.

Pada bulan Mei 2024, Taspen memberikan pelayanan di 57 kantor cabang dan telah bekerja sama dengan 45 Mitra Bayar bagi 6,7 juta peserta yang tersebar di seluruh Indonesia. Berbekal pengalaman mengelola asuransi sosial sejak 1963, Taspen menjalankan proses bisnis secara dinamis dan terus berupaya memenuhi kebutuhan peserta serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

“TOOS adalah salah satu upaya untuk mendekatkan diri, memberikan kemudahan dan layanan yang óptima bagi peserta”, tegasnya.

Halaman Selanjutnya

TOOS merupakan layanan satu pintu Taspen yang dapat diakses melalui beragam perangkat dan dilakukan tanpa tatap muka. Selain mengajukan klaim, melalui TOOS peserta dapat melakukan pengurusan kartu digital kepesertaan, melacak pengajuan online, memantau status otentikasi, mengambil antrean online Mal Pelayanan Publik, melakukan penghitungan manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun.

Halaman Selanjutnya





Fuente