Home Noticias Leyendas irlandesas a través del ojo indonesio, Pameran Seni Perpaduan Batik dengan...

Leyendas irlandesas a través del ojo indonesio, Pameran Seni Perpaduan Batik dengan Cerita Rakyat Irlandia

8
0
Pameran Seni Perpaduan Batik


Selasa, 4 de junio de 2024 – 08:52 WIB

Jacarta Pameran seni Leyendas irlandesas a través de ojos indonesios, merupakan pameran seni yang dirancang dengan saksama ini merupakan penghormatan terhadap hubungan 40 tahun diplomatik antara Indonesia e Irlandia.

Baca Juga:

Bootcamp AKI Sudah Digelar di 12 Kota, Sandiaga Uno: Siap Jadi Wadah Pelaku Ekraf

Dalam pameran yang memukau ini, pengunjung akan menemukan kaleidoskop kreasi batik yang memadukan narasi cerita rakyat Irlandia dengan seni batik Indonesia yang rumit. Desplácese lebih lanjut ya.

Mulai dari tokoh-tokoh ikonis, seperti St. Patrick, St, Brigid, dan Ratu Maeve, hingga kisah abadi Cu Chulainn dan The Children of Lir, setiap karya batik berfungsi sebagai kanvas untuk bercerita dan pertukaran lintas budaya.

Baca Juga:

Pameran Imersif Wonderspace di MRT Bundaran HI, Spot Hits Baru yang Instagramable

Pada pameran ini terdapat karya visioner dari Vania Gracia, yang memenangkan penghargaan atas karyanya dalam menciptakan batik resmi Kedutaan Besar Irlandia. Karya tersebut merupakan contoh sempurna dari perpaduan harmonis antara alam Irlandia dan kerajinan Indonesia. Bekerja sama dengan pengrajin terkemuka seperti Cak Nur dan Batik Pohonkaryanya melampaui sekadar kain.

Baca Juga:

Cak Imin Sebut Pengakuan Tiga Negara Eropa atas Palestina Momen Akhiri Konflik

Alam dan simbol-simbol nasional Irlandia, khususnya untuk karya pada pameran ini, merupakan sumber inspirasi utamanya. Desain conciso pero mencakup trébol Irlanda, bunga ulex atau julak, colibrí fucsiatrulek eurasia, pohon ek Irlandia, dan biji pohon ek.

“Memang ini ceritanya Irlandia semua, tapi dibatikkan. Jadi menarik sih. Menariknya itu permintaan dubes maunya looknya semua masih Indonesia, pakai baju Indonesia di gambar ini,” kata Vania kepada awak media saat ditemui di lokasi acara, Senin malam 3 de junio de 2024.

Pameran Seni Perpaduan Batik

Diungkap Vania dirinya menggabungkan pola batik tradicional warisan Indonesia, seperti parang, kawung, dan jaya kusuma. Berdedikasi dalam menciptakan desain tekstil dan mode busana yang imajinatif, Vania bercita-cita untuk mengukir namanya di industri mode. Termmotivasi oleh dorongan tanpa henti untuk mengembangkan diri, ia dengan penuh semangat merangkul peluang untuk belajar dan berkembang.

Dirinya mengungkap menenun dengan hati-hati untuk karakter cerita rakyat Irlandia seperti Ratu Maeve, Aoibh dan Lir, Finnegas, dan lain sebagainya, menanamkan kreasinya dengan wawasan yang mendalam dan daya pikat yang abadi.

Pola batik yang dibuat dengan cermat di atas kain sutra tidak hanya menunjukkan keahlian teknis, akan tetapi juga simbolismo cerita rakyat yang mengangkatderajat keahlian dalam berkesenian. Salah satu karya batiknya terinspirasi dari St. Patrick dengan pola yang mencerminkan kemakmuran dan kebersamaan.

Sebagai informasi, pameran seni persembahan Kedutaan Irlandia untuk Indonesia, bekerja sama dengan ISA Art dan Jakarta Land ini, akan berlangsung dari 27 Mei hingga 14 Juni 2024 di gedung World Trade Center 2 di Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya

Fuente : VIVA / Isra Berlian

Halaman Selanjutnya





Fuente