Home Noticias Menjadi Teladan, Kisah Inspiratif Praja IPDN en Pengabdian

Menjadi Teladan, Kisah Inspiratif Praja IPDN en Pengabdian

9
0
Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIV


Kamis, 6 de junio de 2024 – 01:06 WIB

Estilo de vida VIVA – Inspirasi adalah sebuah elemen penting yang sering kali memotivasi seseorang untuk bergerak maju dan mencapai hal-hal luarbiasa. Kisah-kisah inspiratif bisa datang dari berbagai tempat dan latar belakang, dan salah satu contoh nyata yang baru-baru ini mencuat adalah dedikasi dan semangat juang para praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke- XLIV tahun 2024 de Kalimantan Timur.

Baca Juga:

Anindya Bakrie Siap Ajak Kadin hingga BUMN Berkolaborasi di Nusantara Sustainability Hub IKN

Sebanyak 200 praja IPDN, bersama peserta lainnya, terlibat dalam kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan ini. Desplácese lebih lanjut ya.

Mereka tidak hanya belajar mengimplementasikan ilmu dan teori yang mereka dapatkan selama pendidikan, tetapi juga mengabdikan diri secara langsung kepada masyarakat. Keberhasilan mereka dalam membantu memperbaiki berbagai sarana dan prasarana di Kalimantan Timur, seperti jalan, rumah tidak layak huni, tempat ibadah, dan rumah singgah, merupakan contoh nyata dari semangat juang yang tinggi dan dedikasi tanpa batas.

Baca Juga:

BTN Bangun Kantor di IKN, Jokowi: Banyak Dibutuhkan Pembiayaan Properti di Kawasan Ini

Selain kegiatan fisik, para praja IPDN juga terlibat dalam berbagai kegiatan no fisik yang tidak kalah pentingnya. Mereka memberikan penyuluhan di sekolah-sekolah tentang bahaya narkoba dan pentingnya kesehatan, mempromosikan lembaga pendidikan mereka, serta melakukan riset sosial yang membantu memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat setempat. Interaksi mereka dengan masyarakat tidak hanya membantu meningkatkan kualitas hidup penduduk setempat, tetapi juga memberikan wawasan dan pengalaman berharga bagi para praja itu sendiri.

Baca Juga:

Innovador, Astra Biz Center di IKN Ditargetkan Dorong Ekonomi Berkelanjutan

“Mereka terjun langsung ke lapangan, membantu memperbaiki sarana dan prasarana seperti jalan, rumah tidak layak huni, tempat ibadah, rumah singgah, memberihkan saluran air, sungai, pipanisasi, semenisasi, membuat gorong-gorong, sumur bor, tugu latsitarda, serta memberikan penyuluhan ke sekolah-sekolah terkait narkoba, kesehatan, dan promosi lembaga pendidikan tempat mereka bernaung, serta melakukan riset sosial”, kata Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM dalam keterangannya.

Kisah para praja IPDN ini menunjukkan bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja. Tidak harus dari tokoh terkenal atau peristiwa besar, tetapi juga dari individu-individu yang dengan tulus mengabdikan diri untuk kebaikan bersama. Semangat juang dan dedikasi mereka menjadi contoh nyata bahwa setiap orang, di mana pun mereka berada, memiliki potensi untuk membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) ke-XLIV

Panglima TNI, yang diwakili oleh Danjen Akademi TNI, memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta atas dedikasi, disiplin, dan kepatuhan yang telah ditunjukkan selama latihan. Sementara itu, Kapolri, yang diwakili oleh Kalemdiklat Polri, menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan dukungan semua pihak yang terlibat, dan berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan gotong royong dan sinergitas dalam membangun NKRI.

Keberhasilan kegiatan Latsitardanus ini juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat setempat. Pj. Gubernur Kalimantan Timur, Prof. Dr. Dres. Akmal Malik, M.Si., beserta jajaran mewakili seluruh masyarakat Kalimantan Timur, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah membantu memperbaiki fasilitas umum dan memotivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan.

Dari kisah para praja IPDN ini, kita belajar bahwa inspirasi bisa datang dari berbagai sumber. Dedikasi, kerja keras, dan semangat untuk membantu sesama adalah nilai-nilai yang bisa ditemukan di mana saja dan oleh siapa saja. Semoga kisah ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara.

Halaman Selanjutnya

Fuente: ist

Halaman Selanjutnya





Fuente