Home Noticias Mentan Ungkap Hewan Kurban Tahun Ini Berpotensi Surplus hingga 88 Ribu Ekor

Mentan Ungkap Hewan Kurban Tahun Ini Berpotensi Surplus hingga 88 Ribu Ekor

10
0
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman


Kamis, 6 de junio de 2024 – 22:00 WIB

Jacarta – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memastikan, ketersediaan hewan kurban aman dan mencukupi menjelang Hari Idul Adha 1445 Hijriah. Sebab, ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi excedente hingga 88 ribu ekor.

Baca Juga:

Dirut BPJS: Klaim Manfaat BPJS Kesehatan Bisa Dipakai bersama Asuransi Swasta

Amran mengatakan, berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional, kebutuhan hewan kurban berada pada angka 1,97 juta ekor, dengan ketersediaannya yang mencapai 2,06 juta ekor.

“Maka ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi excedente hingga 88 ribu ekor”, kata Amran dalam keterangannya Kamis, 6 de mayo de 2024.

Baca Juga:

Hong Kong bakal Larang Semua Jenis Rokok Elektrik, Melanggar Denda Rp 4 Miliar

Dengan hal ini, Amran memastikan jumlah ketersediaan hewan kurban baik sapi, kerbau, kambing maupun domba untuk memenuhi kebutuhan nasional sangat mencukupi bahkan excedente.

Menteri Pertanian Andi Amran saat cek ketersediaan hewan kurban di Tangerang.

Foto :

  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Baca Juga:

Jokowi Instruksikan Prabowo Kirim Tenaga Kesehatan dan Operasikan RS di Gaza

“Persiapan kurban Insya Allah aman, cukup sampai kita Idul Adha nanti, saya sudah terima laporannya, dan aman, jumlahnya sangat cukup” tegasnya.

Lebih lanjut Amran menyebut, saat ini pihaknya aktif memonitor ketersediaan hewan kurban di seluruh daerah. Tidak hanya sisi ketersediaan, dirinya mengaku juga fokus memastikan dari aspek kesehatan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Nasrullah memastikan pihaknya telah melakukan berbagai langkah penting untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

“Kami memastikan sertifikat kesehatan ternak yang dilalulintaskan sudah lengkap, memeriksa ear tag untuk menjamin ternak telah teregister dan kami menerjunkan petugas kesehatan hewan di kab/kota untuk melakukan pengecekan rutin di penampungan ternak”, imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

Fuente: Istimewa

Halaman Selanjutnya





Fuente