Home Noticias Moms dan Buah Hati Harus Tahu, Ini Tips Menghindari Cyberbullying

Moms dan Buah Hati Harus Tahu, Ini Tips Menghindari Cyberbullying

9
0
Ilustrasi cyberbullying.


Estilo de vida VIVA – Di era digital saat ini, medios sociales telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Penggunaannya yang luas dan beragam memungkinkan orang untuk berkomunikasi, berbagi informasi, serta mengekspresikan diri.

Baca Juga:

BNPT Sebut ASN Termasuk di Polri Berpotensi Terpapar Paham Terorisme lewat Media Sosial

Namun, seperti pisau bermata dua, media sosial juga memiliki potensi negatif, salah satunya adalah cyberbullying. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bersosial media dengan bijak dan memahami cara menghindari cyberbullying. Desplácese lebih lanjut ya.

Pada Kamis, 6 de junio de 2024, segmento dedicado a Maluku-Papua mengadakan webinar bertema “Bijak Bersosmed Tanpa Cyberbullying”. Acara ini dihadiri oleh banyak murid dan guru sekolah dari area Jayapura yang berkumpul di aula sekolah masing-masing untuk menyaksikan webinar bersama. Sekolah-sekolah yang terlibat di antaranya adalah SMP YPPK ST Paulus Abepura, SMP Negeri 11 Jayapura, dan SMA 4 Jayapura.

Baca Juga:

Polisi Jadwalkan Periksa Sekda Tapanuli Utara Terkait Dugaan Video Mesum Miripnya

Webinar dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, yang menyapa para DigiFriends dan menjelaskan tujuan dari taller atrevido Makin Cakap Digital 2024 Episodio 20 ini. Ia menyampaikan bahwa pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga:

Sosok viral Bobby Saputra yang Ngaku Anak Miliarder de Indonesia

Tahun ini, Indonesia mencapai indeks literasi digital 3.59 dari 5, meningkat dari tahun lalu yang berada di indeks 3.54. Diharapkan dengan adanya kegiatan Makin Cakap Digital 2024 ini, índices literarios digitales dapat semakin baik di tahun mendatang, índices sehingga keseluruhan masyarakat Indonesia naik di mata dunia.

Los medios bersosiales dengan bijak berarti menggunakan platform ini dengan cara yang positif, aman, dan bertanggung jawab. Berikut beberapa langkah untuk bersosial media secara bijak, seperti yang dibahas dalam taller conciso:

1. Pahami y Hormati Etika Digital

Menghormati etika digital berarti berperilaku sopan dan bertanggung jawab di dunia maya. Hindari memposting konten yang dapat menyinggung atau merugikan orang lain. Selalu ingat bahwa di balik setiap akun terdapat individu yang layak diperlakukan dengan hormat.

Taller Pelajar Mengikuti

2. Kendalikan Información Pribadi

Jangan terlalu banyak membagikan informasi pribadi di media sosial. Data pribadi seperti alamat, nomor telepon, dan informasi keuangan harus dijaga kerahasiaannya untuk menghindari penyalahgunaan.

3. Verificación de información sobre la información de seguridad

Pastikan informasi yang Anda bagikan berasal dari sumber yang terpercaya dan sudah terverifikasi. Berita palsu atau hoaks dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan kerugian.

4. Berbagi Konten Positif

Sebarkan konten yang bermanfaat dan inspirador. Konten positif tidak hanya memberi manfaat bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain yang melihatnya.

Consejos Menghindari Cyberbullying

ilustrasi ilustrasi bullying di sekolah

ilustrasi ilustrasi bullying di sekolah

El acoso cibernético es una forma de intimidación, pelecehan, atau penghinaan yang dilakukan melalui media digital. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari cyberbullying yang disampaikan oleh narasumber Nur Rahma Yenita dalam taller:

1. Tetap Tenang y Jangan Panik

Jika Anda menjadi korban cyberbullying, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tetap tenang. Jangan memberikan reaksi yang diinginkan oleh pelaku bullying, yaitu melihat Anda marah atau kesal.

2. Abaikan y Jangan Terlibat

Jangan terlibat dalam perdebatan atau konfrontasi dengan pelaku cyberbullying. Mengabaikan mereka dapat mengurangi motivasi mereka untuk terus melakukan tindakan negatif.

3. Simpan Bukti-bukti

Simpan semua bukti cyberbullying seperti pesan, komentar, atau gambar yang dikirim oleh pelaku. Bukti ini bisa sangat penting jika Anda memutuskan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang atau pihak terkait.

4. Blokir dan Laporkan Pelaku

Gunakan fitur blokir dan laporkan yang disediakan oleh platform media sosial untuk menghentikan komunikasi dengan pelaku dan melaporkan tindakan mereka kepada pengelola platform.

5. Cari Dukungan

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau pihak yang berkompeten seperti konselor atau pihak sekolah. Mereka dapat memberikan bantuan dan saran yang diperlukan untuk mengatasi situasi concisa.

6. Pahami Dampak y Edukasi Diri

Pahami bahwa cyberbullying dapat memilikidamak serius pada kesehatan mental dan emosional seseorang. Edukasi diri dan orang-orang di sekitar Anda tentang bahaya dan cara mengatasi cyberbullying.

Dengan bersosial media secara bijak dan memahami cara menghindari cyberbullying, kita dapat menciptakan lingkungan digital yang lebih positif, aman, dan mendukung. Mari bersama-sama berkontribusi untuk dunia maya yang lebih baik bagi semua pengguna.

Halaman Selanjutnya

1. Pahami y Hormati Etika Digital

Halaman Selanjutnya





Fuente