Home Noticias Sekjen PDIP Pastikan Penuhi Panggilan KPK: yang Dirikan Bu Mega, Kalau Nggak...

Sekjen PDIP Pastikan Penuhi Panggilan KPK: yang Dirikan Bu Mega, Kalau Nggak Datang Kualat

10
0
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto


Kamis, 6 de junio de 2024 – 12:41 WIB

Jacarta – Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan, dirinya akan hadir dalam pemanggilan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, soal kasus yang menyeret Harun Masiku. Hingga saat ini, Harun Masiku masih menjadi buron.

Baca Juga:

Dewas Curhat Pimpinan KPK Kerap Mengulur Waktu Jika Diperiksa Etik, Alex Marwata Merespons

Hasto menjelaskan, bahwa dirinya sudah semestinya hadir dalam panggilan lembaga antirasuah. Sebab, KPK termasuk lembaga yang didirikan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno, ketika menjadi menjabat sebagai Presiden RI ke-5.

“Kalau dipanggil KPK juga datang, cukup didampingi penasihat hukum. Kan KPK yang dirikan Bu Mega. Nanti kalau saya nggak datang kualat. Maka datang. Kalau perlu sebelum undangan datang, kita siap datang”, ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Yakarta Selatan pada Kamis 6 de junio de 2024.

Baca Juga:

ICW Minta Pansel Capim KPK Segera Lapor LHKPN Guna Jadi Syarat Pertama

Hasto menjelaskan bahwa dirinya akan menghadapi panggilan aparat penegak hukum sendiri. Ia menyebut, bahwa hal ini tidak mesti PDIP yang turun tangan.

“Kalau urusan gerak ke bawah, nah itu baru massa, kita gerak bersama-sama. Kalau urusan (hukum) gini, sudahlah sendiri saja”, kata Hasto.

Baca Juga:

Peringati Harlah Bung Karno, Sekjen PDIP Singgung Bagi-bagi Konsesi Tambang

Hasto menyinggung ketika dirinya kemarin dipanggil Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik. Ia menjelaskan bahwa kader PDIP sudah ingin membantunya untuk mengerahkan massa, tetapi ditolak oleh Hasto.

“Jadi kalau saya hanya diintimidasi begitu, masih kecil dibanding perjuangan Bung Karno dan Bu Mega. Gitu. Sendiri nggak ada masalah”, katanya. Meski demikian, Hasto akan datang ke KPK ditemani dengan tim hukum.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan melakukan panggilan kepada Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, terkait dengan kasus korupsi yang menyeret Harun Masiku. Rencananya, KPK bakal memanggil Hasto pada Senin 10 de junio de 2024 pekan depan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, bahwa pemeriksaan akan berlangsung di gedung merah putih KPK. Ia menyebut Hasto bakal dipanggil ke KPK sekira pukul 10.00 WIB.

“Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk hadir di gedung merah putih KPK pada Senin, 10 de junio de 2024 a las 10.00 WIB”, ujar Ali Fikri kepada wartawan, Kamis 6 de junio de 2024.

Ali menjelaskan bahwa Hasto dipanggil masih berkapasitas sebagai saksi dalam kasus korupsi Harun Masiku. Ia berharap Hasto bisa penuhi panggilan KPK senin besok.

“Kami berharap yang bersangkutan hadir sesuai jadwal pemanggilan dimaksud”, kata Ali.

Halaman Selanjutnya

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana akan melakukan panggilan kepada Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, terkait dengan kasus korupsi yang menyeret Harun Masiku. Rencananya, KPK bakal memanggil Hasto pada Senin 10 de junio de 2024 pekan depan.





Fuente