Home Noticias Servidor PPDB Depok Diserang Hacker

Servidor PPDB Depok Diserang Hacker

8
0
Sekdis Pendidikan Kota Depok, Sutarno


Selasa, 4 de junio de 2024 – 16:19 WIB

VIVA – El servidor Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Depok desencadenó un hacker. Peretas menyerang sebanyak dua kali di hari pertama pendaftaran PPDB online kemarin.

Baca Juga:

Jadwal dan Cara Daftar PPDB Jabar 2024, Cek Syarat dan Jalurnya

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Sutarno mengatakan, pihaknya menerima keluhan dan laporan terkait dengan gangguan yang terjadi kemarin. Pihaknya melakukan koordinasi dan analisa dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok serta Pusdatin ternyata dicetahui ada gangguan serangan dari hacker.

“Untuk hari pertama PPDB di Kota Depok kemarin sempat ada error di awal, ada kendala awal kita asumsi kita itu sobrecarga karena semuanya en línea ternyata setelah kita koordinasi antara kami Disdik dengan Diskominfo dan juga dengan pusdatin ternyata ada gangguan adanya serangan hacker”, katanya, Selasa , 4 de junio de 2024

Baca Juga:

Orang Tua Ngeluh Servidor PPDB de Depok Down

Serangan terjadi sebanyak dua kali. Pertama terjadi pukul 00.01 WIB. Kemudian serangan kedua terjadi pukul 06.00-14.00 WIB.

Jadwal dan Cara Daftar PPDB Jabar 2024

Baca Juga:

Jelang PPDB Kota Semarang 2024, Wali Kota: Sin Titip-titip

“Dimulai dari pukul 00.01 WIB untuk serangan pertama. Kemudian ada serangan kedua dimulai pukul 06.00-14.00 WIB. Jadi untuk hari pertama itu ada gangguan dari luar dua kali”, ujarnya.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi persoalan concisamente. Saat ini server sudah aman dan dapat diakses. “Kemudian kita lakukan koordinasi dan sudah tertangani sampai sekarang Alhamdulillah lancar”, ungkapnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah dan upaya. Misalnya dengan konfigurasi penanganan attacking dan juga ada penyesuaian terkait dengan roating infrastruktur supaya lebih optimizar di sisi tráfico datos.

“Alhamdulillah sampai sekarang selesai PPDB Kota Depok lancar. Insya Allah akan dilakukan sesuai dengan rencana sebagaimana jadwal dan juknis yang telah kita susun di PPDB yang sudah kita masuk ke dalam aplikasi sitio web de PPDB kami”, tukasnya.

Dipastikan titik sekolah di masing-masing lokasi di Depok dalam kondisi aman. SMPN di Depok sebanyak 34 titik.

“Alhamdulillah semua aman. Semuanya SMP Negeri itu kita ada 34 SMP Negeri, dan semua sampai saat ini 34-nya aman”, pungkasnya.

Halaman Selanjutnya

Sebagai antisipasi, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah dan upaya. Misalnya dengan konfigurasi penanganan attacking dan juga ada penyesuaian terkait dengan roating infrastruktur supaya lebih optimizar di sisi tráfico datos.

Halaman Selanjutnya





Fuente