Home Noticias Tingkat Pengangguran Terbuka Tertinggi di Indonesia Ternyata Lulusan SMK

Tingkat Pengangguran Terbuka Tertinggi di Indonesia Ternyata Lulusan SMK

8
0
Ilustrasi: orang bekerja di kantor


Kamis, 6 de junio de 2024 – 07:35 WIB

Estilo de vida VIVAMenurut Survei Angkatan Kerja Nasional 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka tertinggi adalah lulusan SMK, sebesar 8,62 persen.

Baca Juga:

Programa de clases de Axioo Melatih Siswa SMK Menjadi Tenaga Terampil di Dunia Kerja

sector hospitalidad membuka peluang besar bagi lulusan vokasi, dengan proyeksi kebutuhan tenaga kerja perhotelan mencapai 8,6 juta pada 2024-2025. Hal ini dimanfaatkan oleh PT BISA Ruang Nuswantara (BIRU) dengan meresmikan kerja sama Pengembangan Pelatihan Keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat.

Kemitraan ini mencakup pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sektor perhotelan.

Baca Juga:

Biar Sukses dan Kaya, Ustaz Adi Hidayat Kasih Nasihat Ini Buat Para Pengangguran

Nantinya para siswa akan mengikuti serangkaian pelatihan serta peningkatan kompetensi yang terfokus dan praktis di bidang front office, limpieza, hingga layanan alimentos y bebidas. Selain itu pihak hotel juga akan berperan aktif dalam mengevaluasi dan memvalidasi modul pendidikan dan pelatihan yang dikembangkan oleh BIRU.

Baca Juga:

Anak Muda Aceh Dilatih Fesyen Desain, Diajari Pilih Bahan Kain dan Warna

Kemitraan platform Bisa Ruang Vokasi (BRV) mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan industri melalui konsep ‘vincular y combinar‘, mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM sekaligus mengurangi kesenjangan antara kurikulum pendidikan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Presidente Direktur BIRU, Kristiyanto Widiyawan, mengatakan kerjasama ini akan menambah portafolio kemitraannya dengan industri dalam mengembangkan program pelatihan dan pengembangan kompetensi siswa dan lulusan SMK.

Sebagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia, hotel ini juga dinilai sebagai mitra ideal bagi pihak perusahaan untuk mengembangkan modul pelatihan sesuai dengan tertinggi perhotelan standar, sejalan dengan rencana ekspansi pihak perusahaa.

“Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan sektor perhotelan nasional dan memenuhi kebutuhan industri hospitalidad akan tenaga kerja terampil yang siap kerja,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya.

Halaman Selanjutnya

Sebagai hotel bintang 5 ternama di Indonesia, hotel ini juga dinilai sebagai mitra ideal bagi pihak perusahaan untuk mengembangkan modul pelatihan sesuai dengan tertinggi perhotelan standar, sejalan dengan rencana ekspansi pihak perusahaa.





Fuente